SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT)
Al
Fityah Pekanbaru
AKREDITASI “A”
Alamat: Jl. Karya Ke. Tuah
Karya Kec. Tampan Panam Telp. (0761) 7072001 Pekanbaru – Riau
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Fityah
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab
Kelas / Semester : III /1
Tema
: Tempat-tempat
di sekolah
Sub Tema : ruangan sekolah
Muatan Terpadu : sekolah tempat belajar (duniawi) dan tempat ibadah (ukhrowi)
Pembelajaran ke :
9 (sembilan)-12(dua belas)
Alokasi Waktu :
4 x 60 Menit
- KOMPETENSI INTI
KI 1 |
: |
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya |
KI 2 |
: |
Memiliki prilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya |
KI 3 |
: |
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati { mendengar, melihat, membaca } dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaanya, dan benda
benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain Tuhan dan
kegiatannya |
KI 4 |
: |
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan prilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
- KOMPETENSI DASAR
3.3 |
Mengetahui dan menghafal kosakata tentang tempat-tempat
di lingkungan sekolah |
4.7 |
Mendengarkan kosakata Bahasa Arab tentang
tempat-tempat di lingkungan sekolah |
4.8 |
Mengucapkan Bahasa Arab tentang tempat-tempat di
lingkungan sekolah |
4.9 |
Menuliskan Bahasa Arab tentang tempat-tempat di
lingkungan sekolah |
3.
INDIKATOR
·
PENGETAHUAN
3.3.1
Mengidentifikasi berbagai informasi dalam ungkapan yang sangat
sederhana tentang
tempat-tempat di lingkungan sekolah.
3.3.2
Melafalkan
nama-nama tempat di lingkungan sekolah
3.3.3
Memberi contoh cara tentang cara penggunaan kata hubung tempat yang sesuai.
·
KETERAMPILAN
4.7.1
Mengingat
kembali kosakata Bahasa Arab tentang nama tempat di lingkungan sekolah.
4.8.1
Menampilkan
percakapan Bahasa Arab tentang nama tempat di lingkungan sekolah.
4.9.1
Menuliskan percakapan
Bahasa Arab tentang nama tempat di lingkungan sekolah.
·
SPIRITUAL
1.1.1
Terbiasa membaca do’a
1.1.2
Dapat mengungkapkan rasa syukur dengan mengucapkan kalimat thoyyibah
(misal: hamdalah, dll) atas segala keberhasilan
·
SIKAP/SOSIAL
2.1.1
Disiplin, jujur dan bertanggungjawab dalam menggunakan lembar observasi
2.1.2
Santun dan percaya diri dalam menggunakan lembar observasi
4.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
PENGETAHUAN
3.3.1.1
Melalui gambar siswa dapat
mengidentifikasi berbagai informasi dalam ungkapan yang sangat sederhana tentang nama-nama tempat di lingkungan
sekolah dengan baik
dan benar.
3.3.1.2
Siswa mampu melafalkan nama-nama tempat di lingkungan sekolah dengan baik
dan benar.
3.3.1.3
Siswa mampu memberi contoh cara tentang cara penggunaan kata hubung tempat yang sesuai dengan baik
dan benar.
·
KETERAMPILAN
4.7.1.1
Siswa mampu
mengingat kembali kosakata Bahasa Arab tentang nama-nama tempat di lingkungan sekolah dengan baik dan benar.
4.8.1.1
Siswa mampu
menampilkan percakapan Bahasa Arab tentang nama-nama tempat di lingkungan sekolah dengan baik dan benar.
4.9.1.1
Siswa mampu
menuliskan percakapan Bahasa Arab tentang nama-nama tempat di lingkungan sekolah dengan baik dan benar.
·
SPIRITUAL
1.1.1.1 Siswa terbiasa membaca do’a dengan baik dengan baik dan benar
1.1.1.2 Siswa dapat
mengungkapkan rasa syukur dengan mengucapkan kalimat thoyyibah (misal:
hamdalah, dll) atas segala keberhasilan
·
SIKAP/SOSIAL
2.1.1.1 Siswa menjadi insan yang disiplin, jujur dan bertanggungjawab dalam menggunakan lembar observasi
2.1.1.2 Siswa mempunyai sifat santun dan percaya diri dalam menggunakan lembar observasi
E. MATERI AJAR
·
Nama-nama tempat di lingkungan sekolah |
F. PENDEKATAN,
MODEL, DAN METODE
Pendekatan |
: |
Saintifik |
Model |
: |
Inquiry
learning/discover learning berbingkai terpadu |
Metode |
: |
Ceramah,
tanya jawab, dan games |
G. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
LANGKAH PEMBELAJARAN |
KEGIATAN BELAJAR |
SKENARIO PEMBELAJARAN |
ALOKASI WAKTU |
PEMBUKAAN |
Membuka
pelajaran dan berdoa bersama |
1.
Guru datang dengan mengucapkan
salam dan menanyakan kabar 2.
Ketua kelas memimpin doa 3.
Seluruh peserta didik membaca basmalah do’a bersamaà penilaian
spritual Bahasa 4.
Guru mengabsen peserta didik 5.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran |
5
menit |
T TELAAH/ MENGAMATI |
Mengamati
gambar |
6.
Siswa
memperhatikan gambar-gambar tempat di
lingkungan sekolah yang ditunjukkan didepan kelas 7.
Siswa
mendengarkan pengucapan nama-nama tempat
di lingkungan sekolah dengan baik dan benar |
5
menit |
E EKPLORASI/ MENANYA |
Tanya jawab tentang tempat-tempat yang ada disekolah |
8.
Siswa ditanya
tentang Bahasa Arab dari tempat di lingkungan sekolah yang telah disebutkan Guru sebelumnya. 9.
Pengucapan
siswa diperbaiki oleh guru apabila ada pengucapan yang kurang tepat. 10.
Siswa mencontohkan kembali secara individu pengucapan yang benar dari yang
telah mereka dengar |
20
menit |
R RUMUSKAN/ MENGUMPULKAN
DATA,
FAKTA, INFORMASI/ MENGASOSIASI |
Merumuskan
penggunaan kalimat tanya tentang nama tempat |
11.
Siswa memberi
contoh kalimat tanya dari tempat di
lingkungan sekolah 12.
Siswa memberi
contoh kalimat dari tempat di lingkungan sekolah dengan
bantuan kata tunjuk |
10
menit |
P PRESENTASIKAN/ MENGKOMUNI KASIKAN |
Mempresentasikan kalimat tanya tentang nama
tempat |
13.
Siswa
mempraktekkan percakapan tentang nama-nama tempat di lingkungan sekolah dengan
menggunakan kalimat tanya dan kata tunjuk penilaian praktik Bahasa |
30
menit |
A APLIKASIKAN |
Praktek penyebutan
nama tempat di lingkungan sekolah |
14.
Siswa
mempraktekkan penyebutan nama tempat di lingkungan sekolah bersama teman-temannya Guru
memberikan apresiasi |
50
menit |
D DUNIAWI/TINDAK LANJUT
PEMBELAJARAN |
Praktek penyebutan
nama tempat di lingkungan sekolah di kehidupan
sehari |
15.
Siswa
mempraktekkan penyebutan nama tempat di lingkungan sekolah dalam
kehidupan sehari hari |
|
U UKHROWI/ Ajakan
beramal sholeh |
Menyebutkan Hadist
tentang menjaga kebersihan |
16.
Guru mengingatkan
kembali Hadist tentang pentingnya menjaga kebersihan Keimanannya |
5
menit |
Menutup
pelajaran dengan menyimpulkan dan berdoa bersama |
17. Guru
bersama siswa membaca hamdalah bersama-sama. (Syukur) 18. Berdoa menutup pelajarana (spritual) |
5
menit |
SUMBER DAN MEDIA BELAJAR
A. Sumber
Pembelajaran
·
Buku Gemar Berbahasa
Arab Berdasar Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu. Surakarta : Nur Hidayah Press. 2019
·
Buku Cerdas Bahasa
Arab. Depag, Semarang: Erlangga. 2016
·
Video-Video bahasa Arab
B. Media/Alat, Bahan Pembelajaran
·
Papan Tulis
·
Gambar-gambar
·
Benda-benda didalam kelas
·
Infocus
·
Monitor pemutar video
·
Hadis: Kesucian itu sebagian dari Iman.
PENILAIAN
NO |
JENIS
PENILAIAN |
SASARAN
PENILAIAN |
ALAT TEST |
1 |
Penilaian
tertulis |
Hasil
belajar berbasis LKS(Bahasa Arab) |
Pada LKS |
2 |
Penilaian
proses |
· Diskusi kelompok · Laporan
lisan · Nilai
spiritual dan sosial : jujur, disiplin, tanggungjawab, santun dan percaya
diri |
· Menggunakan
lembar observasi spiritual dan sikap à selama
proses berlangsung |
4 |
Penilianan
performance |
· Siswa mempraktekkan percakapan tentang nama tempat di lingkungan sekolah dengan menggunakan kalimat tanya dan preposision di depan
kelas |
· Menggunakan
rubrik |
Mengetahui Kepala Sekolah TUT WURI HANDAYANI, S.Si NIY. 2004.10.1.2.05 |
Pekanbaru, 26 Agustus 2019 Guru Bidang Studi TAMBARO, S.Pd.I. NIY.2019.08.2.1.11 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar